Site icon MediaBerita

Hal Inilah yang Menyebabkan Downtime Facebook, WhatsApp dan Instagram. Pejabatnya Minta Maaf dan Sampai Mundur

Facebook akhirnya mengumumkan masalah yang menyebabkan tiga aplikasinya Facebook, WhatsApp dan Instagram tiba-tiba tidak bisa diakses atau ditutup pada Senin (4/10) malam.

Menurut pernyataan Facebook, mereka mengalami masalah jaringan dan tidak dapat menggunakan ketiga aplikasi tersebut. Namun kini ketiga aplikasi tersebut sudah bisa digunakan meski tidak 100%.

“Layanan Facebook sekarang kembali online dan mungkin perlu waktu untuk mencapai 100%,” kata Chief Technology Officer Facebook Mike Schroepfer di Twitter @schrep, Selasa. Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram di Indonesia terputus sejak Senin (4 Oktober) malam, dan pengguna WhatsApp di seluruh dunia juga merasakannya.

Menurut situs Downdetector, WhatsApp di Indonesia tidak berfungsi sekitar pukul 23.00, dan pengguna mengeluhkan masalah pada aplikasi saat mengirim pesan dan terhubung ke server.

Gangguan juga dialami pengguna WhatsApp Business, laporan Downdetector pada pagi ini menunjukkan 65 persen mengalami masalah pada internet, 9 persen layanan telepon dan 26 persen mati total. Masalah serupa juga terjadi pada aplikasi Facebook dan Instagram dalam waktu yang sama.

Schroepfer yang baru saja mengumumkan mundur dari Facebook dalam beberapa waktu ke depan, meminta maaf kepada pengguna atas gangguan ini.

“Untuk bisnis kecil dan besar, keluarga dan individu yang bergantung pada kami, saya minta maaf,” cuit @schrep.

Meski layanan berangsur pulih, Facebook dan kawan-kawan bertengger di topik terhangat di Twitter pagi ini.

Pengguna layanan mereka mengeluh di Twitter sehingga topik “Ternyata WA”, “Mark Zuckerberg”, “WhatsApp”, “WA IG”, “Error”, “#fbdown” sampai “Pantesan” muncul di Twitter pagi ini. Imbas dari WhatsApp tak bisa digunakan, Telegram sontak jadi perbincangan warganet. (antara/jpnn)

Exit mobile version